Senin, 09 Mei 2011

Salah Kaprah Toolkit
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Beragam toolkit tentu bukan sekadar penuhin tas perkakas atau bagasi motor. Semua ada peruntukannya. Sekalipun, sama-sama jenis sekrup, tidak sembarang obeng bisa buka. Meski bentuknya baut, ada juga yang haram dibuka pake kunci pas. Toh, banyak bikers masih salah kaprah menggunakannya saat iseng ngoprek di rumah.

Nah, berikut sejumlah salah kaprah yang perlu dihindari agar tidak berbuntut fatal. Misal baut dan mur jadi gampang slek.

Obeng Min

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Obeng min tergolong banyak digunakan di motor. Selain di bodi, karburator dan juga di bagian mesin dalam. “Tapi, tentu tidak sembarang obeng. Ada yang perlu ukuran kecil dan ada yang perlu lebih gede. Kalau dipaksa obeng yang ukurannya lebih tipis, slek, deh,” ingat Adlan Songa, mekanik Putra Zidan di Jl. Joglo, Ciledug, Tangerang.

Bukan hanya bikersyang bongkar mesin sendiri. “Mekanik bengkel juga banyak yang gunakan obeng min untuk cungkil saat buka crankcase. Padahal, itu tidak boleh. Mustinya pake kunci khusus,” ujar Freddyanto Basuki, Manager Technical Service, PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI).

Ukuran obeng min lazimnya mulai dari 5 x 75 mm, 6 x 100 mm, 6 x 150 mm, 8x200 mm. “Caranya, cek dulu ukuran di mur. Kalau terasa oblak, artinya, musti pakai obeng yang lebih gede lagi. Jangan dipaksa hanya bermodal satu ukuran obeng, doang,” ingat Songa.

Obeng Kembang

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Jenis obeng yang lazim disebut obeng kembang sering salah kaprah penggunaannya. “Selain soal ukuran, bentuk kembang juga sering tidak diperhatikan. Makanya, banyak kasus slek hanya karena hal sepele tadi,” lanjut Freddy.

Sekrup juga ada yang butuh obeng kembang yang ujungnya lancip, ada pula tak butuh ujung tidak runcing. “Cara ngeceknya juga mudah. Perhatikan sekrupnya. Lihat ukuran dan bentuk kembang yang dibutuhkan. Ingat tak semua obeng kembang pas dan sama,” imbuh Songa.

Obeng plusbiasanya terdiri dari ukuran 5 x 75 mm, 6 x 100 mm, 8 x 150 mm. Orang bisa disebut ukuran PH 1/4 inci, PH 2/6 inci, PH 3/8 inci. Angka di depan, menunjukan ukuran mata obeng. Sedang angka yang di belakang adalah panjang obeng.

Kunci Pas

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Selain soal tempat dan ukuran, tidak semua baut bisa dibuka dengan kunci pas. “Meski tempat dan ukuran memungkinkan, tapi berbahaya kalau dipaksa pakai kunci pas,” terang Songa lagi.

Contohnya, baut as roda. Secara tempat dan ukuran memang bisa dibuka pakai kunci pas. Tapi, kadar kekencangannya tinggi dan kunci pas tidak menggigit semua sisi baut. “Makanya, akan lebih bagus dengan kunci ring atau sok,” papar Songa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar