Minggu, 08 Mei 2011

Suzuki Spin 125 Ngegas Sendiri
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Nggak ada angin tak ada hujan, speling grip gas Suzuki Spin 125 besaratau ngegas sendiri. Weerrrrr... Gejala begini kerap dialami pemilik Spin 125. Termasuk dua kru Em-Plus, Nurfil Aiman dan Chuenk. Alhasil, Spin 125 baru bisa digeber kalau genggaman telapak tangan berputar lebih dari 90 derajat. Capek deh...!

Pastinya masalah ini bakal timbulkan perasan panik plus kaget. Apalagi Spin 125 jadi sulit diajak mengaspal. “Tak perlu was-was. Sebab itu semua ulah mur-baut setelan kekencangan kabel gas di karbu lepas dari adaptor. Sehingga rumah kabel gas ikut tertarik bersama kabel waktu gas ditarik,” pasti Kiki Ardiansyah, mekanik Aggrek Hetro Cycle yang mengaku peristiwa itu dialami Spin 125.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Mekanik sekaligus modifikator skubek di Ciledug Raya, No. 26B, Batas Kreo, Jakarta Selatan ini pun punya analisa. Katanya lepasnya pasangan mur-baut penyetel kabel gas dikarenakan dua mur pengucinya kendur (gbr. 1).

Entah karena lupa dikencangkan waktu diservis atau memang kendur sendiri. Sehingga pada saat grip gas diputar dan menegangkan kabel, setelan mur-baut penyetel pun lepas dari adaptor.

Namun kini tak perlu khawatir. Sebab untuk mengatasi hal ini, sobat cukup pasang kembali mur-baut penyetel kabel gas yang lepas dari adaptor. “Namun syaratnya tangki dan jok, bagasi serta cover tengah harus dilepas,” lanjut Kiki.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Cuma untuk melepas tangki, idealnya diawali mengendurkan empat sekrup boks bagasi dan cover tengah pakai obeng kembang. Lalu 4 baut pengikat tangki dibuka kunci 10. Dilanjt melepas soket ampere bensin berikut slang tangki (gbr. 2). Baru deh mur-baut penyetel yang lepas dari adaptor terlihat lega.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Langkah selanjutnya menempatkan pasangan mur-buat penyetel di adaptor. Tapi jika posisi pasangnya susah, langkah paling mudah putar mur atas hingga mentok dan mur bawah rapat di adaptor. Terus kencangkan baut pakai kunci 10 hingga pasangan ini terikat kuat (gbr. 3).

Sekarang, tinggi rendah gas bisa kembali disetel di mur-baut grip gas.

1 komentar:

  1. Gas sering brebet dan bensin mengucur deras keluar dari karbu sewaktu jalan..., gimana tuh?

    BalasHapus