Minggu, 08 Mei 2011

Suzuki Spin 125, Perkecil Getaran Knalpot
Article Date:
Source: Motor Plus Online

Konstruksi pemegang silencer knalpot Suzuki Spin 125 kurang maksimal. Sambungan antara silencer dan leher knalpot kerap patah. Seperti dialami Bambang warga Jl. Bangka 8, Mampang, Jakarta Selatan.

Selain itu juga, salah satu baut 12 pengikatnya yang jauh dari silencer, ikutan putus lantaran nggak kuat nahan beban berat. Kalau sudah begini, cuma isi kantong yang bicara.

Lantas sebelum menimpa pemilik Spin 125 lainnya, ada baiknya dibuat antisipasi dulu. Caranya membuat pegangan silincer knalpot baru tapi tetap fleksibel. “Maksudnya, getaran di moncong knalpot tetap ada tapi kecil. Sebab kalau dibuat mati, pegangan yang tidak bagus juga gampang patah,” ujar Kiki Ardiasyah, mekanik Anggrek Custom di Batas Kreo, Ciledug, Tangerang.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Lalu biar tetap fleksibel, selain pakai besi pelat behel tebal 3 mm sebagai dudukan dan penghubung, juga didukung per yang punya kelenturan (gbr. 1). Menurut Kiki, per standar tengah atau samping motor punya kelebihan seperti itu.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Untuk menerapkan adaptor knalpot fleksibel ini juga tidak sulit. Karena besi pelat penghubung yang dibuat persegi panjang ukuran 2 cm x 6 cm dan dilubangi ujungnya pakai mata bor tinggal dipasang (gbr. 2). “Untuk diameter bor 10 mm diikat ke baut footstep belakang. Sedang lubang bor 5 mm dikaitkan ke pegas,” lanjut Kiki yang juga jago ngelas.

Setelah besi behel dibentuk dan per standar tengah ada, lanjut ke soal pemasangan. Dimulai mengkaitkan per ke dudukan silencer knalpot. Berikutnya kaitkan per ke lubang pelat diameter 5 mm. Dilanjut lubang pelat 10 mm diarahkan ke baut footstep belakang. Begitu lubang pas, tancapkan baut L 8 dan kencangkan. Terbukti mudah dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar